Variasi Telur Dadar Terbaik Untuk Sarapan

Omelet atau telur dadar merupakan menu sarapan terpopuler di dunia. Variasi telur dadar ini sangat beragam di dunia. Ada yang polos, diisi hingga garing.

Menurut catatan sejarah omelet sudah dikenal sejak pertengahan abad 16. Konon telur dadar ini asalnya dari masa Persia kuni. Sedangkan dari namanya ‘omelette’ dari bahasa Prancis dan sudah dinikmati pada masa Napoleon Bonaparte berkunjung ke selatan Prancis.

Setelah menyebar dan dikenal di berbagai negara, telur dadar mengalami adaptasi dengan kuliner lokal baik bahan maupun rasanya. Seperti di Spanyol omelet dipadukan dengan potongan kentang dan di China diisi dengan tiram segar dan ham. Orang Italia membuat omelet yang disebut fritata dengan campuran keju, sayuran dan kadang pasta.

Sementara orang Jepang menambahkan shoyu dan mirin pada telur dadar, dicetak segi empat dan digulung padat. Mirip dengan omelet Korea yang digulung bundar dengan isian cincangan sayuran. Ada juga dadar garing tipis khas Thailand yang dibumbui dengan saus ikan.

Rasa gurih telur dengan varian isian dan bumbu tak terbatas pada omelet atau telur dadar membuat sajian ini mudah populer dan disukai. Karena memang tak ada aturan baku soal meracik telur dadar. Karena praktis, mudah dibuat dan murah, telur dadar jadi pilihan favorit untuk sarapan banyak warga dunia

Berikut ini jenis telur dadar yang umum dan populer di dunia sebagai menu sarapan.

1.Telur Dadar Polos

Telur dadar atau omelet ini hanya memakai telur segar saja dengan sedikit merica bubuk dan garam. Bisa disebut sebagai telur dadar minimalis. Biasanya dijadikan topping nasi goreng atau mie goreng dengan cara diiris tipis. Rasa gurih telur menjadi makin enak dengan tambahan garam dan merica.

Variasi telur dadar inipun ada yang suka sedikit gosong atau justru sedikit basah. Menu sarapan paling sederhana dan nikmat adalah nasi hangat dengan topping telur dadar dan kucuran kecap manis. Jika ada ditambah taburan bawang merah goreng.

Selain dengan minyak sayur biasa, telur dadar juga enak dimasak dengan margarin atau mentega. Meskipun pemakaian margarin dan mentega membuat telur dadar agak lembap, tidak garing. Tetapi rasa mentega dan margarin yang gurih membuat telur dadar makin enak. Aromanya juga makin harum.

2. Telur Dadar Campur

Telur dadar aduk merupakan perpaduan telur yang dikocok kemudian ditambahan beragam bahan. Sayuran, bumbu atau rempah. Karenanya telur dadar menjadi lebih padat dan rasanya lebih enak, nutrisinya juga makin kaya.

Omelet gaya Spanyol dan Italia paling terkenal dengan paduan kentang, paprika, daun bawang hingga bawang bombay. Biasanya sayuran dimasak hingga lunak baru kemudian diaduk dengan telur kocok dan bumbu.

Untuk membuat dadar isi caranya juga mudah. Pilih sayuran yang lunak seperti bayam. Rebus sebentar daun bayam lalu tiriskan dan iris halus. Untuk pilihan lainnya bisa memakai brokoli yang diparut halus, wortel yang diserut halus, biji jagung manis atau paprika. Agar rasanya lebih enak tambahkan cabe bubuk, merica bubuk, bawang bubuk dan bumbu kari jika suka.

Umumnya telur dadar isi setelah dimasak dalam wajan kemudian dipanggang sebentar dalam oven. Karena dadar isi biasanya tebal dan padat sehingga tidak bisa matang sempurna jika dimasak dalam wajan datar. Sebagai sentuhan akhir, tambahkan keju parut dan sajikan dengan saus cabe atau mayones botolan.

3. Telur Dadar Isi

Telur dadar ini dibuat seperti telur dadar biasa, saat setengah matang diisi dengan sayuran tumis, irisan sosis, daging asap, atau berbagai jenis keju. Selanjutnya dadar dilipat dua membentuk setengah lingkaran dan disajikan hangat.

Telur dadar Prancis seperti Florentine Omelette merupakan jenis telur dadar isi yang populer. Isiannya berupa bayam dan keju sehingga rasanya gurih. Sementara di Thailand dan Vietnam telur dadar diberi isian seafood seperti udang, daging kepiting dan tiram. Rasanya semakin gurih karena tambahan seafood.

Mirip dengan telur dadar campur, telur dadar isi cita rasanya juga lebih kaya. Hanya saja rasa isian dan rasa telurnya bisa dinikmati terpisah. Sementara di Korea dan Jepang telur dadar setelah diisi sayuran tidak dilipat dua melainkan digulung dan dipadatkan baru kemudian dipotong melintang.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *