Sukses Menjalankan Bisnis Kuliner Di Era Digital

Banyak orang tertarik menjalankan bisnis. Namun jika hanya coba-coba saja tanpa memiliki strategi tertentu maka usaha tak akan sustainable atau berkelanjutan. Untuk kamu yang ingin menjalankan bisnis kuliner, alangkah baiknya simak beberapa tips ini, agar kamu mencapai kesukseskan dan usahanya berjalan lancar.

1. Punya Ide Unik
Memasak makanan yang biasa saja tak cukup karena sekarang semua orang bisa membuatnya. Butuh ide unik dan segar agar memiliki ciri khas. Kita bisa memanfaatkan kearifan lokal dari daerah masing-masing yang mampu menarik perhatian.

2. Kemasan Bagus
Kebanyakan pebisnis di Indonesia masih kurang memperhatikan segi kemasan makanan saat menjalankan bisnis kuliner. Sementara negara lain seperti Jepang sangat mementingkan model kemasanannya yang menarik perhatian.

Kenyataannya bisnis makanan tak melulu soal rasa tapi juga penampilan. Orang pertama kali lihat bagaimana kemasannya baru ingin mencicipi. Jika rasa tak diimbangi dengan kemasan yang bagus maka hasilnya kurang maksimal dan begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, ia menyarankan untuk fokus membuat kemasan yang menarik diimbangi rasa sesuai.

3. Konsisten
Ini merupakan bagian tersulit yang dilakukan para pebisnis kuliner. Seringkali pebisnis berhenti di tengah jalan karena tak bisa konsisten soal rasa serta penampilan. Penting bagi pengusaha pemula untuk bisa terus konsisten terhadap produk yang dibuat.

4. Inovasi
Perlu melakukan inovasi serta mengikuti tren yang berkembang ketika menjalani bisnis kuliner. Tanpa adanya inovasi maka bisnis terasa membosankan dan pelanggan pun akan beralih ke tempat lain yang lebih fresh. Maka dari itu, perlu membuat tim profesional yang bisa terus membangkitkan inovasi-inovasi baru sebagai salah satu strategi untuk terus eksis.

5. Manfaatkan Teknologi
Poin ke lima ini juga menjadi penting di era digital. Jangan sampai ketinggalan dengan kompetitor jika tidak ingin cepat ‘tenggelam’. Selain menjual serta mempromosikan melalui online, pikirkan juga bagaimana bisnis bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *